Friday, April 29, 2011

Mengoptimalkan Kerja Google Webmaster Tools

Anda pasti sudah pernah mencoba fasilitas dari Google Webmaster Tools bukan ? jika ya ... :) berarti sebagian trafik blog anda tergantung pada Google Webmaster Tools. Apalagi jika tahu trik - triknya ... wuih ... Pasti anda mendapat 'kembang gula' termanis yang pernah anda makan ! Tapi kalau Google Webmaster Tools anda belum optimal, hasilnya mungkin sia - sia, apalagi fitur dari Google ini gratis ! Dan berikut cara Mengoptimalkan Kerja Google Webmaster Tools. Jangan ragu - ragu .... karena pondasi blog anda juga berada di sini .... silahkan ...


Jika anda sudah mendaftarkan di Google Webmaster Tools dan bisa anda baca disini. Berarti tinggal dimantabkan saja :).

Pasang Lebih dari 1 atau lebih feed blog anda pada sitemap.
Biasanya yang dipakai hanya atom.xml dan rss.xml saja, sebenarnya masih ada lagi seperti :

Atom.xml
Rss.xml
feeds/posts/default
feeds/posts/default?alt=rss


Cara menambahkan feed : Klik blog anda yang berada didalam tabel - Tools ( paling bawah ) - pada sitemap tambahkan add sitemap.


Jangan memakai lebih dari 1 kode verifikasi. Satu kode hanya untuk satu blog lho ... ! jadi harus benar - benar cocok antara kode verifikasi dengan sitemap yang anda daftarkan.

Untuk mengecek kode verifikasi : Pada menu tools - Manage site verification - akan muncul kode verifikasi blog anda, contohnya ( URI = http://blogshotup.blogspot.com/ ) :

Ensure the verification file or meta tag is still in place for your account.
Your verification meta tag:


Ijinkan Google mengindex gambar pada blog anda. Jangan asal memberikan nama gambar anda, juga berpengaruh lho :p . Selain itu kode alt=" ..." dan terdapat disetiap kode HTML gambar juga ada fungsinya, isi dengan kode atau namanya saja. usahakan optimalkan berbagai cara ( asal jangan curang ... )

Cara Enhanced image search : pada menu tools - Enhanced image search - beri tanda cek pada I would like to enable enhanced image search on my site and am authorized to opt into this advanced service. - klik OK


Pilih target Geografi blog anda . Jika blog anda murni bahasa Indonesia, berkonsentrasi saja di google.co.id ... Percuma kalau di Google Amerika bukan ? jadi pilih yang sesuai dengan blog anda !

Cara Set geographic target : pada menu tools - Set geographic target - pilih poin Associate a geographic location with this site ( option ke-2 ) dan pilih lagi negara yang anda maksudkan ... misalnya indonesia.


Bagaimana ? tipsnya sudah cukup ? tips diatas baru tips dasar saja , jadi jika adan bisa menggunakan fasilitas gratis yang lain dari Google Webmaster Tools :s. happy blogging dan semoga trafik blog anda meninkat ! Happy blogging ....

12 comments:

  1. mau membaca tips SEO, kunjungi http://impoint.blogspot.com

    Media Blogger

    ReplyDelete
  2. masih bingung gan,,di bookmark dulu....nanti di buka lagi.

    ReplyDelete
  3. saya sudah lakukan smw na tp ko alexa indonesia sy tambah naik y bkn na tmbh turun hemmmmm www.winarshop.com

    ReplyDelete
  4. terima kasih banyak sob atas infonya, mau saya coba trapin tipsnya

    ReplyDelete
  5. wah bermanfaat nih bagi >> www.imammustofa.com <<
    makasi banyak gan !!!

    ReplyDelete
  6. Nice pos gan

    kunjungi juga https://spacexzone.com/

    ReplyDelete